6 Motif Kaca Inlay Yang Paling Mempesona dan Indah Di Dunia

Motif Kaca Inlay – Kaca inlay memang banyak sekali ragam dan jenisnya, ukuran maupun kegunaannya. Dari beberapa jenis itu tentunya ada yang memiliki nilai artistik yang sangat mempesona dan indah. Entah dari segi kerumitan pembuatannya, seniman pengrajinnya, para pemiliknya, maupun segi sejarah yang melingkupinya. Inilah keenam kaca inlay yang paling mempesona dan indah di dunia itu:

  1. Sheesh Mahal (Istana Kaca)

Sheesh Mahal atau Istana Kaca adalah istana yang dihiasi jalinan rumit mozaik warna-warni kaca inlay yang menempel menghiasi hampir seluruh ruang istana, baik dalam maupun luarnya, menciptakan efek berkilauan di lorong-lorong kerajaan dan halaman. Sheesh Mahal dibangun oleh dinasti kekaisaran Mughal; Shah Jahan di India pada tahun 1631 Masehi.

  1. Christus Ravenna Mosaic

“Christus Ravenna Mosaic” adalah lukisan seni kaca inlay yang tersusun atas ribuan mozaik kaca membentuk sosok Yesus Kristus. Lukisan kaca inlay “Christus Ravenna Mosaic” dibangun oleh para seniman kaca inlay Santo Bacilica pada abad ke-6 Masehi di Gereja Santo Apolinare Nuovo di Ravenna, Italia.

  1. Expiatori de la Sagrada Família

Expiatori de la Sagrada Família adalah nama bangunan gereja terkenal karya Antoni Gaudi (1852-1926), di Barcelona, Catalonia, Spanyol. Jalinan rumit kaca inlay hampir memenuhi setiap sudut ruangan gereja itu. Mulai dari daun-daun jendela, kubah-kubah, lampu-lampu hias dari kaca inlay, lukisan-lukisan mozaik kaca inlay, sampai kepada hiasan dinding gereja terpampang seni kaca inlay yang warna-warni berkilauan karya Antoni Gaudi.

  1. Nasir Al-Mulk

Nasir Al-Mulk adalah nama masjid yang seluruh pintu-pintunya, jendela, dinding, dan altar khutbah yang di hiasi dengan kreasi seni kaca inlay. Nasir Al-Mulk atas perintah Mirza hasan Ali Nasir al Molk, raja dinasti Qajar (1876-1888 M) di Shiraz, Iran. Kala sinar matahari menembusi jalinan kaca inlay di gerbang-gerbang pintu fasadnya, memendarkan cahaya warna-warni yang berasal dari jalinan kaca inlay.

  1. Mozaik Kaca Inlay Gedung Lawang Sewu Semarang

Mozaik kaca inlay gedung Lawang Sewu Semarang umurnya sama tuanya dengan gedungnya. Kaca inlay ini dibuat olah J.L Schouten dari studio T Prinsenhof di Delf. Seni dekorasi kaca inlay banyak ditemui menghiasi ruangan dalamnya. Kreasi seni kaca inlay di gedung ini, merupakan sebuah relief dan simbolisasi yang intinya menceritakan kekuasaan Belanda di Jawa.

  1. Blue Eyes (Mata Biru)

Blue Eyes atau mata biru adalah sebutan lain bagi sepasang mata biru dari kaca inlay untuk menggambar pola bentuk mata Pharaoh yang sering ditemukan menempel dalam sarkofagus, tempat bersemayam mumy raja-raja Mesir.

6 Motif Kaca Inlay Yang Paling Mempesona dan Indah Di Dunia
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *